01 Oktober 2009

Farid : "My 7 First Experiences in 7 days"

Selama 7 hari melakukan peliputan perjalanan arus balik di jalur Nagreg (meliputi Bandung, Nagreg dan Cikampek), banyak hal yang baru pertama kali gw lakukan, makanya judulnya few first experiences. Dan orang bilang, pengalaman pertama rasanya sih gak bisa dilupain juga. Katanya yaaa... Hehe...


1. Pertama Kali Lebaran di Bandung.
Terlahir sebagai seorang Betawi, membuat gw nggak punya kampung. Well, Jakarta is my kampung, tapikan Jakarta itu kota bukan kampung ya? Hehe! Jadi, setiap tahun lebaran ya keliling kota Jakarta, but it’s been fun! Karena jalanannnya nggak padet, jadi ya capeknya cuman gara gara naek turun mobil harus menyinggahi beberapa rumah dan bersilaturrahmi. Tapi sejak gw di TRANS 7, gw beruntung bisa lebaran nggak di Jakarta aja. Tahun lalu, gw lebaran di Cirebon, dan tahun ini lebaran di kota yang gw klaim sebagai hometown ke dua gw (karena gw lama kuliah disana, trus ngenal dunia kerja disana, begaul disana, nakal disana, jatuh cinta disana, dll. *mulai lebay nih) BANDUNG! Hari pertama sebenernya nggak terlalu jauh berbeda dengan di Jakarta, jalanan Bandung sepi. Ada sedikit keramaian di Kebun Binatang, tapi hari keduaaaa.... Bandung LUMPUH! Yah, padet, macet banget! Gw ngerasain naek ojek dari Lembang sampai Riau di hari kedua ini. Pantat gw maaaak, rasanyaaaa....!!! Lembang-Bandung sama Bandung-Lembang macet cet cet cet. Jadilah gw harus nganter kaset untuk Live naek ojek. Dari Lembang karena nggak ada ojek, gw nebeng pemudik yang mau ke Cimahi dari Bekasi naek motor. Hehe. Untung baik dia!

2. Pertama Kali ke Nagreg.
Jadi, gara gara gw nggak pernah mudik, ya gw nggak pernah tau tuh yang namanya Nagreg seperti apa. Dulu, waktu gw masih kecil, bokap sih sering ngajak keliling Jawa, tapi selalu lewat Pantura. Soalnya gw inget, kita sering mampir di Cirebon. Ternyata seperti itu yah Nagreg, pantesan sering macet dan kecelakaan! Tanjakan dan turunan curam! Kelok kelokannya juga tajem! Sampe deh gw bikin liputan tentang 5 tanjakan di Nagreg. Hahaha! Ada tanjakan Warung Bir, Paslon, Cagak, Bohong, sama Pos Tangan. Ada yang tau nggak tanjakannya yang mana aja? Makanya nonton gw di TRANS 7. HAHAHA!

3. Pertama Kali Live dan Pengen Boker.
Sumpah saat itu gw sakit perut! Pencernaan gw memang sering bermasalah. Sebenernya ini juga udh bikin gw was was dari di Jakarta, apa nanti gw diare, kan ga lucu. Ternyata kejadian waktu gw mau Live jam 8 dari tanjakan Cagak. Selesai makan, santai tuh dan belom pengen boker. Ternyata menjelang jam 8 (kalo gak salah itu jam 7.20), gw disuruh ke set sama mas Rio. Eh nggak lama, lagi berdiri buat blokingan, tiba tiba melilitlah perut gw. Wah, secara jam 8 masih lama tuh, kalo mesti ditahan agak ribet juga. Apalagi kalo sampe pas gw lagi ngomong Live Report trus kecepiritkan nggak lucu juga! Langsunglah gw adukan ke campers Live saat itu, Adi. Adipun membuat gw panik dengan menyuruh gw nanya ke mas Rio, instead of langsung nyuruh gw buru buru. Pas gw tanya mas Rio, dia kaget! *dalam pikiran gw sih, ya secara masih setengah jam gitu! Masa gw disuruh nahan??*. Nggak lama, mas Rio nyuruh gw buru buru bokernya, Hahaha. Alhasil, jadi deh 5 menit sajaaaah!
PS : Buat Lusi : Sumpah! Yang lo liat di WC itu bukan punya gw! Gwkan nyiraaaaaaaammm dengan air yang banyak! Hehe.

4. Pertama Kali Live tanpa Naskah.
Masih dari Nagreg. Jadi arus lalu lintas di Nagreg itu fluktuatif (haiyah! Masih berasa live report neeehh!!). Maksud gw, kadang lancar jaya, 15 menit kemudian padat (padat ya bukan macet. Kata pak polisi, macet tuh kalo udah berhenti banget kayak parkir, kalo masih bisa maju walaupun sedikit itu namanya padat. Harap diperhatikan ya... :p). Jadi, 10 menit sebelum gw live, lalu lintasnya tuh padet, antriannya juga panjang, kebayang dunk betapa excitednya kita karena gambar kepadatan ini pasti jadinya bagus. Eh, pak polisi ini seperti memupuskan harapan kita memberikan informasi bagus ke pemirsa. Beberapa menit banget sebelum Live mereka memberlakukan satu arah dari Garut/tasik ke Bandung, jadi ya tuh mobil mobil langsung nge gas meninggalkan kita semua alias Lancaarrrr jadinya. Trus, hubungannya sama Live gw? Hmmm, gini... karena belum handal handal banget, jadi gw selalu menulis laporan pandangan mata gw. Nah, karena awalnya lalin padat, gw menulislah semua hal yang akan gw laporkan tentang kepadatan itu, dibantu produser yang keren banget Mahkota El amien tentunyaaaa! Nah, begitu udah Live dan nggak padat lagi, berubah dooooong yang harus gw laporkaaaan???! Untungnya, ada panduan dari sang produser di HT di kuping kiri gw, jadinya nggak bloon bloon amat dan bisa lancar juga gw melaporkannyaaa! Padahal, deg degannya setengah mampus! Fiuhhh!

5. Pertama Kali Gelantungan di Mobil Orang.
Di Nagreg, terutama saat malam, selalu ada yang menawarkan jasa untuk mengganjal ban, karena jalanannya yang tanjakan. Jasa ini ditawarkan sih mostly ke mobil mobil tua yang dirasa nggak mampu menanjak dan mungkin remnya juga bermasalah. Nah, karena adanya cuman di Nagreg, jadi kita berencana bikin liputannya tapi dengan cara yang agak berbeda, soalnya ini bukan hal baru. Jadilah, mas Ota menyuruh kita untuk bikin liputan dengan partisipatif. Maksudnya, gw disuruh ikut nyobain ngeganjal ban. Karena padat, jadi terkadang mobil jalan sedikit trus berhenti lagi, trus jalan lagi dan berhenti lagi. Nah, saat mobil jalan, si pengganjal ban ini bergelantungan sebentar kemudian ngeganjal lagi bannya. Dan gitu sampe beberapa kilometer di depan. Kalo udah selesai, mereka dibayar 5 ribu – 10 ribu. Saat itulah, gw merasakan bergelantungan di moil orang. Haha. Jadi, gw ikutan ngeganjal ban mobil orang itu trus, gak lama, mobilnya jalan. Langsunglah kita hop on bertiga (bareng anak pengganjal ban benerannya), dan ngikutin si mobil deh. TERNYATA! Saat itu juga, polisi membuka satu arah dari bawah, jadinya.... mobilnya jalannya jauuuuuuuuuuuhhhh bangeeeeeeettttt... saat gw bergelantungan itu yang ada dalam otak gw tuh, ”duh, mati deh gw jatoh nih!!!”.

6. Pertama Kali Nyebrang di tol Cikampek – Jakarta
Pagi pertama di Cikampek, langsung melaju ke KM 66. KM 66 ini adalah titik rawan antrian karena pertemuan arus dari Bandung dan Cikampek, dan nggak jauh dari situ di KM 68 ada rest area yang terkadang jadi penyebab antrian juga. Di KM 66, campers gw, Andri, mau ngambil gambar di tengah jalan tol. Maksudnya di tengah perbatasannya. Yah, mau nggak mau harus nyebrang dunk. Secara, lo tau... mobil2 di tol Cikampek tuh kayak setan ajah! Larinya lebih dari 100 km. Mau nyebrang pun mikir mikir. Nyebrang di depan kantor di Tendean aja mikirnya seribu kali, sampe sempet di tabrak motor aja. Apalagi iniiiii??? Akhirnya gw memberankan diri dengan membiarkan campers gw di sisi kanan gw. Hehe. Jadi kalo ada apa apa, dia ketabrak duluan. (walaupun nggak ngaruh sih, kalo dia ketabrak ya gw juga ketabrak buakaaaaan???)

7. Pertama Kali Langsung Dimarahin Orang Begitu Bangun Tidur.
Yang ini sebenernya ga penting penting amat tapi kocak aja. Jadi temen sekamar gw ini suka refleks dengan cepat terbangun dan mendatangi sumber bunyi dan mematikan alarm jika ada yang menggangggu tidurnya. Nah, kebetulan gw suka banget pasang alarm. Suatu malam, gw disuruh liputan jam 4 pagi berangkat dari hotel ke pasar sama mas Ota. Jadi dunk, gw pasang alarm jam 3. Selama liputan mudik ini, kita memang selalu tidur telat dan bangun awal. Jadi, kita baru tidur tuh jam 12 kalo nggak salah. Pas jam 3 bunyi itu alarm, gw ga langsung kebangun. Gw justru kebangun gara gara ada orang teriak teriak marahin gw. Katanya, ”Gila Lo! Alarm dibunyiin jam 3. Aaaarrrggh! Pagi banget sih! ... and so on and so on...”. bingung deh gw pas bangun dimarahin orang. Masalahnya dia kagak tau gw harus jalan liputan jam 4. Trus, parahnya lagi pas gw bahas sama dia siangnya tau ga dia bilang apa? ”Masih untung HP lo kagak gw banting!!”. Hahahahahahaha! Untung nggak tiap hari gw tidur sama lo cuuuuuyyyy!!!

Sebenernya masih banyak sih pengalaman pengalaman lainnya yang kalo sekarang diceritain sih pasti ketawa tawa, tapipas ngelakuinnya si agak ribet juga. Haha!




Farid Mardianto - "Reporter Selamat Pagi"

Tidak ada komentar: